Perkuliahan - Futureproofing Media Advertising with Science & Art

Logo UM Indonesia UM Indonesia
  • Online
  • Perkuliahan

Informasi Umum

Kelas ini akan membekali peserta dengan wawasan / insights dari para praktisi marketing communication yang berpengalaman menangani brand ternama. Dengan pendekatan terkini yang memadukan Science & Art, dan real winning case studies, akan memastikan peserta futureproof di pesatnya dinamika dunia advertising communication di Indonesia dan global. 

Job Role

  • Public Policy Specialist
  • Digital Branding Strategist

Kategori Inovasi

  • Socialpreneur

Syarat Pendaftaran

Minimal Kelengkapan Profile Lengkap
Minimal Pendidikan Bebas
Jurusan Bebas
Durasi waktu penyelenggaraan program 14 Maret - 5 Juni 2025
Hari penyelenggaraan kuliah Jumat
Waktu/jam penyelenggaraan kuliah 15:30 - 17.00 WIB
Syarat bagi peserta Syarat Wajib
- Mahasiswa aktif dari semua jurusan. Diutamakan dari Fakultas FISIPOL (Ilmu Komunikasi, Ilmu HI, PSDK, MKP), FE (Manajemen).
- Memiliki minat terkait dunia marketing, advertising dan industri kreatif.
- Membuat media planning (target audiens, strategi kreatif, pemilihan media) terkait Future Skills (https://futureskills.id/tentang-kami/)
 
Syarat Pengumpulan Media Planning
- maksimal 1 halaman 
- dikumpulkan dalam bentuk file pdf
Rencana quiz per pekan - individu/kelompok (jika ada) Tidak ada quiz per pekan untuk individu maupun kelompok
Rencana proyek akhir/UAS- individu/kelompok (wajib ada) Proyek akhir individu, tapi juga diperbolehkan berkelompok
Kebijakan presensi Wajib presensi menggunakan platform/form yang disediakan oleh tim pengelola Future Skills
Kriteria penilaian akhir (bobot) - Presensi: 50%
- Proyek akhir: 50%
Syarat lulus - Hadir minimal 60% dari total pertemuan tatap muka
- Mengumpulkan proyek akhir/UAS

Informasi Jadwal

Tanggal Jam (WIB) Topik Narasumber Metode Pembelajaran
14/03/2025 15:30 - 17:30 Pengantar Program Futureproof, UM Indonesia, Ekspektasi dari Program dan Pengantar Dunia Periklanan Roman Pikatan Online
21/03/2025 15:30 - 17:30 Science 1: Uncover Business Opportunity Roman Pikatan Online
11/04/2025 15:30 - 17:30 Science 2: Unlock consumer insights (HVA) Roman Pikatan Online
25/04/2025 15:30 - 17:30 Art 1: Creative Idea Roman Pikatan Online
02/05/2025 15:30 - 17:30 Art 2: Media Planning Roman Pikatan Online
09/05/2025 15:30 - 17:30 Outcome Measurement & Briefing Proyek Akhir Roman Pikatan Online
12/05/2025 10:00 - 12:00 Mentorship 1 Online
19/05/2025 10:00 - 12:00 Mentorship 2 Online
26/05/2025 10:00 - 12:00 Mentorship 3 Online
05/06/2025 15:30 - 17:30 Presentasi Proyek Akhir Online

(*) Jadwal, topik, dan narasumber bersifat tentatif (dapat berubah-ubah)

Informasi Detail

Timeline Batch 11
Proses pendaftaran peserta 7 Februari - 3 Maret 2025
Proses seleksi Paralel dengan masa pendaftaran
On boarding FS Batch 11 7 Maret 2025
Periode Perkuliahan 10 Maret - 9 Juni 2025
Batas Konfirmasi

Batas konfirmasi peserta dilakukan maksimal 3 HARI setelah mendapatkan notifikasi penawaran. 

Harap cek halaman dashboard dan email secara berkala untuk mengantisipasi tertolak kelas secara otomatis.

Final Project
Nama Final Project Detail Aktivitas Final Project Durasi Pelaksanaan Final Project Output Indikator Penilaian
Media Proposal / Rekomendasi dari Product Peserta diminta untuk membuat proposal atau rekomendasi media untuk case study yang dibrief. Proposal/Rekomendasi menggunakan alur atau langkah-langkah yang diberikan selama pertemuan. Case study adalah produk dari client UM Indonesia. 4 minggu: dari hari mulai dibriefing sampai pengumpulan tugas akhir. Powerpoint atau platform sejenis (i.e. Google Slides, Canva, dll.) yang bisa digunakan untuk presentasi via online. - Proposal menggunakan semua langkah yang sudah dipelajari selama pertemuan.
- Menjawab tantangan / pertanyaan dari brief.
- Detail indikator akan diberikan ketika sesi briefing.
Kesempatan Magang
Program Magang
(setelah program selesai) 
Tersedia
Jumlah Kuota Magang 3 orang
Periode Magang TBA
Metode Magang On-site
Lokasi Magang Jakarta

Tentang Mitra

Logo UM Indonesia UM Indonesia

Kelas ini akan membekali kamu dengan wawasan / insights dari para praktisi marketing communication yang berpengalaman menangani leading brands. Dengan pendekatan terkini yang memadukan Science & Art, dan real winning case studies, akan memastikan kamu futureproof di pesatnya dinamika dunia advertising communication di Indonesia dan global. You don't want to miss this opportunity!

Pendaftaran

Mata Kuliah

Futurepreneur and Business Innovation (EKP202)

Syarat Minimal Kelengkapan Profile

Lengkap

Syarat

Bebas

Mulai Perkuliahan

14 March 2025

Kuota Peserta

150 (tersedia 150)

Kuota Pendaftar

200 (tersedia 199)

Daftar Sekarang

Prasyarat:

Sebelum mendaftar ke konten ini, silahkan mengikuti konten berikut :

Tes Prasyarat

Personality Career Test